Mata Kuliah (MK) Sistem Kendali merupakan MK Pilihan Wajib inti prodi Sistem Komputer dengan kode MK EC-3102. MK ini merupakan jembatan penghubung antara pondasi dasar yang disediakan oleh MK kelompok Sistem Tertanam dengan MK kelompok Rekayasa Sistem Komputer. Dengan demikian, perlu suatu rencana pembelajaran semester yang memastikan kesesuaian dan kesinambungan antara materi yang telah diterima pada MK prasyarat (yaitu MK Struktur Diskrit, MK Sistem Kendali, MK Rangkaian Listrik, MK Matematika Teknik, MK Elektronika, dan MK Sinyal dan Sistem), dengan MK yang mensyaratkannya (yaitu MK Perancangan Sistem Tertanam dan MK Rekayasa Sistem Komputer).

Kontribusi capaian pembelajaran yang ditargetkan pada mata kuliah ini terhadap kompetensi/ capaian pembelajaran lulusan program studi mencakup:
  •  penguasaan bidang komputasi,
  •  kemampuan berpikir kritis dan taat kaidah ilmiah,
  •  kecakapan menggunakan teknik dan perangkat komputasi,
  •  komunikasi yang efektif, serta
  •  pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning).

MK Sistem Kendali ini mencakup: Pengantar Sistem Kendali, Ulasan Pondasi Matematis Sistem Kendali, Pemodelan Matematis Sistem Fisik, Analisa Tanggapan Sistem, baik Tanggapan Peralihan maupun Tanggapan Tunak, Analisa Kesalahan, dan ditutup dengan Analisa Kestabilan Sistem Kendali. MK ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh penerapan teknik-teknik analisis rangkaian pada bidang sistem kendali, khususnya penerapannya dalam menganalisis tanggapan peralihan dan tanggapan tunak suatu sistem kendali orde satu dan orde dua.

Mata kuliah ini membahas perangkat-perangkat yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan berbagai jenis rangkaian logika dengan cara memprogramnya, atau dikenal sebagai Programmable Logic Devices (PLD), meliputi Programmable Logic Array (PLA), Programmable Array Logic (PAL), Complex Programmable Logic Devices (CPLDs), dan Field-Programmable Gate Arrays (FPGA). Pada sebagian awal sesi mata kuliah ini mahasiswa dikenalkan dan dibiasakan dengan penggunaan Hardware Description Language (HDL), dan diberi pengantar mengenai hubungan logika digital terprogram yang mereka pelajari dengan prosesor berarsitektur RISC seperti Altera Nios II dan ARM yang mendukung aplikasi tertanam, dengan prosesor berarsitektur CISC seperti ColdFire, dan arsitektur Intel (Intel Architecture, IA). Sebagai pendukung, pada mata kuliah ini disampaikan juga wawasan mengenai arsitektur FPGA Xilinx dan Actel Anti-fuse, dan ditutup dengan materi System on a Chip (SoC).

Mata kuliah Sensor dan Transduser ini memperkenalkan peran sistem instrumentasi (khususnya sensor dan transduser) di berbagai bidang teknik, khususnya di bidang teknik komputer; karakteristik komponen, metode pengukuran, metode kalibrasi, metode pemrosesan data sensor (konversi sinyal, modulasi, analog & digital signal conditioning, rangkaian converter, dan filter); mekanika pada sistem sensor; pengantar mengenai signal reading, signal communication dan signal recording dalam berbagai penerapan sistem sensor; klasifikasi sensor dan transduser; pengenalan beragam sensor dan transduser aktual. Di akhir mata kuliah ini juga diberikan pengantar mengenai penggunaan sensor dan transduser pada suatu sistem kontrol atau sistem cerdas.